Bidang Pengembangan Kompetensi dan Penilaian Kinerja Aparatur mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan teknis dan menyelenggarakan program dan/atau kegiatan di bidang pengembangan kompetensi dan penilaian kinerja aparatur.

Bidang Pengembangan Kompetensi dan Penilaian Kinerja Aparatur menyelenggarakan fungsi:

  1. Perumusan kebijakan pengembangan kompetensi, penilaian kinerja dan penghargaan;
  2. Penyelenggaraan pengembangan kompetensi;
  3. Pengoordinasian dan kerjasama pelaksanaan seleksi jabatan;
  4. Perencanaan kebutuhan pendidikan dan pelatihan penjenjangan dan sertifikasi;
  5. Pelaksanaan fasilitasi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan teknis fungsional;
  6. Perencanaan pelaksanaan kegiatan penilai kinerja dan penghargaan;
  7. Pengoordinasian kegiatan penilaian kinerja;
  8. Pelaksanaan evaluasi hasil penilaian kinerja;
  9. Pelaksanaan verifikasi usulan pemberian penghargaan;
  10. Pengoordinasian usulan pemberian penghargaan;
  11. Pelaksanaan DPA dan DPPA;
  12. Pelaksanaan SPP dan SOP;
  13. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi; dan
  14. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.